Senin, 16 Februari 2015

Wisata Kuliner Bandung : Lisung Restaurant




 Pertengahan Desember tahun lalu keluarga besar kami berkeliling kota Bandung. Hm, sebenarnya nggak keliling juga sih karena hotel tempat kami menginap di Grand Hyatt Regency sangat nyaman jadi enggan keluar kamar.  Berangkat dari Jakarta sekitar jam delapan pagi ( agak kesiangan karena  krucil – krucil yang rempong dengan  perkakasnya hehe ) dengan suasana sangat cerah membuat kami yakin jalan tol sepanjang Cipularang akan macet.  Ternyata tidaaak ... wah senangnya! Kemacetan baru di temukan saat mendekati pintu tol Pasteur. Sepanjang pintu tol banyak penjual yang menjajakan aneka penganan khas Bandung seperti  Cimol atau Opak.  Tahu opak gaak? Itu lho singkong yang diparut, diberi bumbu dan dicetak sangat tipis berbentuk lingkaran besar lalu digoreng.  Kami membeli opak seharga Rp 10.000 untuk 3 bungkus. Rasanya renyah dan gurih sangat beda dengan opak yang biasa kutemukan di jalan Jakarta jika di gigit kudu berantem dulu karena kerasnya. 
 Waktu menunjukkan pukul sebelas siang dan perut yang cuma diganjal camilan sudah menagih makanan berat.  Kami meluncur ke daerah Dago Pakar yang terkenal dengan banyak restoran menyuguhkan pemandangan bagus. Pilihan kami jatuh pada Lisung Restaurant yang letaknya agak jauh ke dalam. Tempat parkir motor dan mobil dibuat terpisah dan sayangnya tidak terlalu luas. Sepertinya jika pengunjung penuh harus siap parkir di luar resto. Tapi tenang, bapak security siap sedia di depan dan bertugas dengan ramah mengatur lalu lalang kendaraan.  


 
Parkir motor terletak di bagian atas
Tulisan di atas pintu masuk, ada yang tahu artinya?
 Restaurant ini bertemakan rumah kayu dengan arsitektur sebagian besar menggunakan kayu. Terdiri dari tiga lantai dengan konsep yang beda satu sama lain.  Lantai paling bawah terdiri dari beberapa gazebo dengan pilihan bisa lesehan atau menggunakan kursi. Lantai dua atau bagian tengah terdiri dari meja juga kursi dengan bentuk dan warna yang unik. Ada meja yang terbuat dari kayu dengan potongan kotak dan meja yang dibentuk seperti perahu dengan warna kuning dan merah. Nah, tempat favorit bagi pengunjung adalah lantai atas. Di lantai ini pengunjung bisa melihat pemandangan luas kota Bandung tanpa terhalang pohon atau tanaman seperti di lantai bawah.  Di sini terdapat sofa yang empuk selain kursi dan meja dari kayu. Hm, keluarga besarku langsung menempati keseluruhan sofa dari ujung ke ujung ... hihihi, agak serakah ya! Tapi suer deh memang keluargaku banyak ada sekitar 12 orang dewasa dan empat anak kecil. Jadi gak heran dong jika siang itu lantai atas hampir dikuasai oleh keluargaku.
Gazebo, di lantai bawah
Tangga menuju lantai bawah
Lantai dua
Suasana yang sejuk membuat kami sangat nyaman dan langsung memesan aneka menu yang tampaknya sangat menggiurkan. Resto ini tidak hanya menjual menu lokal tapi juga internasional seperti steak, pizza dan spaghetti. Menu rekomen dari akang waiter adalah Nasi Panggang Lisung, Nasi Panggang Kompeni, Mie Rawit, Iga Bakar hingga Sop Iga. Berhubung  semua kelaparan aku hanya sempat memfoto beberapa makanan saja
Mie cabe rawit
Sop Iga
chicken gordon bleu
Nasi panggang Lisung
 Harga makanan di resto ini mulai dari Rp 25.000 – Rp 75.000. Pelayananya cukup baik karena kami tidak perlu menunggu terlalu lama.  Sungguh sedap rasanya makan siang dengan hembusan angin seraya melempar pandangan ke arah kota Bandung. 
Semua sofa diisi keluargaku hahaha
 
Pemandangan kota Bandung dari lantai atas
Oh ya, ada yang menarik di resto ini, sesuai dengan namanya Lisung, meja kayu yang digunakan dan dilapisi oleh kaca pada bagian atas dibentuk seperti lisung. Aku tidak sempat bertanya apa itu lisung sungguhan atau bukan. Interior lampu dan jendela juga masih tradisional. Resto ini buka mulai jam 10.00 – 23.00 wib, banyak yang bilang jika datang malam hari akan terasa romantis karena keindahan kota Bandung dengan kerlip lampunya sangat mempesona.

Perhatikan bagian bawah kaca ya
Lampu gantung yang unik

Berikut reviewku ya
Pelayanan           : Bagus
Makanan             : Enak untuk menu tertentu
Kebersihan         : Bagus
Pemandangan     : Kereeen bingits
Harga                 : Hm, Lumayan lah ya secara resto terkenal

2 komentar :

  1. lain kali, saya agenda kan kemari. Makasih infonya

    BalasHapus
  2. iya, mbak Een ... terima kasih ya sudah berkunjung :)

    BalasHapus