Sabtu, 29 November 2014

Wisata Puncak, Bogor November 2014 : Meracik teh dengan kayu manis di Tea Gallery

Masih dalam kawasan perkebunan Gunung Mas, kami mampir ke pabrik pembuatan teh Walini.  Sejak lama aku menjadi konsumen tetap jenis teh celup ini karena variant rasa yang beragam seperti Blackcurrant, teh Hijau, Blueberry, Lemon, Jahe atau yang original.  Aku paling sering membeli Blackcurrant karena rasa dan baunya yang khas. Sweet gitchuu looh.
 
 
  Ternyata eee ternyata .... pabrik ini sudah tidak beroperasi sejak dua tahun lalu. Menurut ibu yang lupa ku ingat namanya hihihi ... capcay deeh!  Penyebabnya karena sebagian mesin yang ada sudah tua dan perlu perawatan lebih hingga diputuskan untuk memindahkan pabrik ke daerah Cianjur. Sedangkan untuk bahan dasar daun teh tetap berasal dari perkebunan ini.   Hasil panen teh dari perkebunan tidak hanya untuk kebutuhan dalam negeri tapi juga di ekspor. Beberapa negara Eropa dan Amerika  merupakan pelanggan tetapnya. Kereen yaaa! 


          
beragam jenis teh kering dan siap saji
 
 Nah, berhubung pabriknya sudah tidak berfungsi maka disini hanya menjual teh yang sudah jadi seperti teh celup dan teh kering.  Ada dua jenis teh yaitu teh hijau dan teh hitam. Bedanya adalah teh hitam melalui proses fermentasi sedangkan teh hijau tidak alias original.  Teh yang baik untuk di konsumsi sebaiknya yang masih asli yaitu teh hijau. Oh iya, selain daun teh perkebunan ini juga menanam kayu manis. Hasil kayu manis juga 50 persen untuk dieksport karena tingginya permintaan dari luar negeri.
Aku berkesempatan untuk mencoba mereguk secangkir teh hijau yang dicampur dengan rebusan kayu manis. Rasanya? Dahsyattttt .... rasa asli teh dengan wanginya kayu manis terasa mengena sekali di lidah. Warna yang coklat kemerahan sangat menarik di pandang mata. ibu yang baik hati ini juga memberikan resep bagaimana membuat racikan teh yang nikmat dan sehat. Berikut aku bagikan resepnya yaaa ... siapa tau ada yang mau mencoba di rumah.

 
          
kayu manis dan teh hijau
Green tea with cinnamons
Bahan :
250 ml air putih
1 sendok daun teh hijau kering
1 ruas/batang kayu manis

Cara membuat :
Rebus kayu manis bersama 250 ml air putih hingga mendidih dan berubah warna menjadi coklat kemerahan. Setelah itu tuang ke dalam cangkir yang sudah berisi daun teh hijau dan tunggu hingga daun tehnya melebur dan layu. Aduk perlahan dan saring maka siap dihidangkan.  Oh iya, 1 ruas kayu manis hanya untuk satu kali pakai saja ya.

Selain di campur dengan teh hijau, air rebusan kayu manis juga berkhasiat untuk menyembuhkan nyeri sendi seperti rematik, menurunkan kolesterol, penderita stroke dan sangat aman bagi penderita diabetes. Rasa manis yang keluar dari kayu manis adalah alami bukan pemanis buatan. Makin dingin air rebusan kayu manis maka akan terasa kian manis.

Sebagai oleh – oleh untuk orang tua, suami dan mertua aku memborong dua bungkus ukuran 250 gram teh hijau kering seharga Rp 25.000/kantong.  Dua bungkus kayu manis seharga Rp 15.000/pak. Harga yang dijual disini lebih murah ketimbang membeli di tempat lain karena sorenya aku mencoba bertanya pada penjual di kawasan Puncak Pass sudah bertambah Rp 10.000 dari harga semula.

Mejeng lagi ah :P


Tidak ada komentar :

Posting Komentar