Jumat, 14 November 2014

Wisata Puncak, Bogor November 2014 : Perkebunan Agro Wisata Gunung Mas


Weekend tlah tiba ... weekend tlah tiba... horee .. . horeee! #joged ala tasya. Giraang banget sepertinya jika lihat kalender sudah hari Jumat, karena itu berarti  Sabtu dan Minggu libuuurrr.  Akhir pekan di awal November 2014  aku sudah berencana dengan hubby ingin menghabiskan waktu di seputaran Puncak, Bogor, Jawa Barat.
Berangkat dari Cikarang jam 06.15 pagi  dengan suasana pagi yang cerah. Sepanjang jalan tol Cikarang – Bogor tidak ada hambatan alias lancar jaya. Kemacetan dimulai saat akan keluar di pintu Tol Ciawi karena pihak kepolisian sudah memberlakukan arus buka – tutup untuk jalur puncak. Akhirnya setelah menunggu sekitar satu jam, tepat pukul 09.00 pagi suara sirene polisi terdengar nyaring yang menandakan arus kendaraan dari arah Jakarta menuju Puncak dibuka dan arah sebaliknya ditutup.



Rute pertama kami adalah Perkebunan Agro Wisata Kebun Teh Gunung Mas. Perkebunan ini berada dibawah pengelolaan PTP Nusantara VIII,  terletak di Jalan raya Puncak, km 79.  Berada  di atas ketinggian sekitar 800 – 1200 meter di atas permukaan laut dengan luas ribuan hektar membuat hembusan angin dan udara sejuk sangat terasa.  Pintu masuk tidak terlalu jauh dari jalan raya dan pengunjung dikenakan tiket masuk dengan harga berbeda.  Orang dewasa/umum Rp 10.000, Mahasiswa/Pelajar Rp 5.000, parkir untuk kendaraan kecil Rp 7.500, Bis Rp 10.000 dan motor Rp 2.500








Masuk ke dalam terdapat dua sisi kiri dan kanan, sisi kiri adalah parkiran  yang bisa memuat puluhan kendaraan. Di area ini kita sudah dimanjakan dengan pemandangan kebun teh yang tinggi menjulang. Deretan warung yang menjual berbagai jenis makanan seperti, mie instan, soto, bakso, mie ayam, jagung bakar dan ubi cilembu membuat perut langsung bernyanyi dangdut. Ragam minuman juga ada seperti, soft drink, air mineral, kopi, bandrek hingga sekuteng. Harga makanan dan minuman di patok mulai dari Rp 5.000.  Arena permainan anak juga tersedia seperti flying fox dan trampolin.  Menunggu anak bermain para orang tua bisa menggelar tikar atau duduk di hamparan rumput.  Jika ingin menikmati teh khas perkebunan ini terdapat Tea Corner atau sejenis kafe yang menjual aneka racikan teh  dan camilan hangat.  Harga makanan dan minuman di kafe ini mulai dari Rp 15.000.





Sedangkan di sisi kiri tampak jejeran kuda yang berbaris rapi beserta pemandunya. Kuda – kuda ini bisa disewa untuk berkeliling melihat hamparan kebun teh. Harga sewa untuk menunggang kuda Rp 30.000/jam. Satu ekor kuda hanya bisa dinaiki oleh satu orang. Hmm... aku sebenarnya ingin sekali naik tapi takut jika sendirian meski di tuntun oleh pemandu. Inginnya sih berdua sama hubby hehehe, tapi pemandunya bilang jika dua orang dewasa tidak bisa kecuali dengan anak balita.
Kami memilih untuk melanjutkan perjalanan ke bagian lebih tinggi. Di bagian kiri tampak beberapa resort dan bungalow yang bisa disewa berkisar Rp 500.000 – Rp 1.300.000/malam disesuaikan dengan luas dan jumlah kamar. Selain bungalow terdapat juga aula yang berkapasitas 50 – 250 orang dengan tarif sewa Rp 450.000 – Rp 1.300.000.  Kantor pengelola buka dari jam 08.00 – 17.00 wib jika ingin reservasi atau menyewa berbagai peralatan seperti tenda berbagai ukuran, spanduk, umbul – umbul,  meja, kursi, panggung hingga sound system dengan variasi harga.




Naik lebih ke atas kami memarkir kendaraan di lapangan luas yang biasanya digunakan untuk bermain bola. Dari atas lapangan bisa juga melihat luasnya kebun teh dengan jalur lengkap yang biasanya digunakan untuk jalan atau teawalk.  Oh iya pengelola juga menyediakan pemandu jika pengunjung ingin teawalk dengan jarak mulai dari 4 km, 6 km, 8 km dan paling jauh 10 km ( jauuuhh beneer yaaa ... ini mah olahraga beneran :P).  Di lapangan ini juga tersedia kuda yang bisa disewa dengan harga yang sama untuk berkeliling.  Warung makanan menjual menu yang sama dengan parkiran bawah hanya di tambah penjual layang – layang. Beberapa anak tampak sibuk menerbangkan layang – layang atau bermain bola tak peduli panas yang menyengat.






Masih di area ini terdapat arena permainan anak yang lebih lengkap dan luas. Di bagian pintu masuk terdapat pendopo kecil yang menjual tiket untuk berbagai arena. 

Berikut daftar harga untuk jenis permainan :
1.       Trampolin                            Rp 20.000
2.       Flying fox                             Rp 15.000
3.       Sepeda air kap 2 org            Rp 15.000
4.       Istana balon                          Rp 15.000
5.       Berenang                               Rp 5.000
6.       Paint ball ( 30 peluru)             Rp 125.000 untuk 20 orang
7.       Tiket masuk kolam terapi ikan    Rp 10.000
8.       Futsal ukuran kecil                 Rp 250.000
9.       Futsal ukuran besar                Rp 300.000
10.   Sewa Sepeda                         Rp 25.000/Jam



Perkebunan ini juga menyediakan lapangan yang disewa untuk berbagai acara seperti pertandingan sepak bola , volley atau kemping dengan harga sesuai jumlah orang. Hm, kebayang kan betapa luasnya. 
Usai berkeliling di bagian ini kami kembali ke tempat parkir untuk mengisi perut. Soto mie dan Tauge goreng menjadi makanan pilihan khas kota Bogor.  Aku memilih Tauge Goreng yang dimasak dengan menggunakan bara api dari pembakaran kayu. Tauge yang sudah layu di campur dengan lontong dan dibubuhi tauco pedas lalu ditaburi dengan bawang goreng.  Dimakan bersama kerupuk dan teh tawar panas rasanya ajiiiibbbb bingittttsss ...  udara segar, hembusan angin, suara kicau burung menemani makan siang kami hari itu.

 Tambahan nih ya jika ingin reservasi atau tanya – tanya bisa menghubungi :
PTP Nusantara VIII
Jln. Raya Puncak – Kotak Pos 6
Cisarua – Bogor 16750
Telp  : (0251 )825 0356 – 825 2501, Fax : (0251 ) 825 4803
Website : www.awn8.co.id 

3 komentar :

  1. saya orang cianjur belum pernah ke sini, boleh juga dijadikan referensi untuk weekend nanti. enaknya rame-rame bareng keluarga yah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, padahal deket tuh mbak klo dari cianjur, hehehe ... Iya lebih enak rame rame sama keluarga sambil bawa rujak ... Mantaappp,. Makasih ya udah berkunjung :-)

      Hapus
  2. Info wisata lainnya " http://notetravelling.blogspot.co.id "

    BalasHapus