Rabu, 22 Juli 2015

Wisata Puncak : Mengenal aneka satwa di Taman Safari Indonesia


Libur tlah tiba ... libur tlah tiba ..... hore .. horee
Rasanya jika liburan sudah di depan mata berjuta rencana terbersit. bingung dengan pilihan mau tetap di dalam kota atau keluar. nah! salah satu pilihan bagi keluarga untuk rekreasi sekaligus mengenal kehidupan aneka satwa secara langsung adalah berkunjung ke Taman Safari Indonesia. letaknya  tidak terlalu jauh dari Jakarta yaitu di Jalan raya puncak 601, Cisarua, Bogor. Jika dari arah Jakarta maka letaknya di sisi kanan jalan. 
Jalan menuju pintu masuk kawasan taman lumayan jauh dan berkelok tapi jangan khawatir karena kita akan disuguhkan pemandangan alam khas puncak dengan rindangnya pepohonan. Sepanjang jalan juga terdapat deretan warung yang menjual aneka makanan dan minuman. yang paling menonjol adalah banyaknya penjual wortel dan pisang untuk diberikan pada hewan saat berkeliling. tiga ikat wortel dengan isi 5pcs/ikat dijual seharga Rp 10.000. cukup banyak dan murah, kalaupun nanti sisa bisa dibawa pulang untuk dibuat sayur atau jus.

 
 Pintu masuk Taman Safari ditandai dengan gapura berbentuk sepasang gading berwarna keemasan. setelah itu kita langsung menuju gerbang utama yang sekaligus pintu masuk untuk pembelian tiket. pintu masuk ini terdiri dari dua pembayaran yaitu bisa dengan cash atau dengan kartu debet atm. Harga tiket masuk untuk dewasa Rp 150.000/orang dan anak - anak Rp 140.000/orang dengan biaya parkir kendaraan Rp 15.000. Usai membayar kita diberikan bukti tanda masuk, peta keseluruhan taman, juga gelang bersticker yang harus dipakai selama di dalam kawasan. Fungsi gelang ini sebagai tiket terusan untuk menikmati berbagai acara dan permainan yang ada.


 
Berikut rangkaian kegiatan yang bisa kita nikmati di dalam Taman Safari Indonesia :
1. Safari Journey
Pintu masuk pertama ini kita akan berkeliling dan melihat secara dekat kehidupan ribuan satwa yang bebas berkeliaran seperti di dalam habitatnya. melihat tingkah polah mereka membuat aku tertawa sekaligus terpukau, kebersamaan yang terjalin dengan indah antara ibu dan anak, antar teman seolah dunia ini hanya milik mereka. Tak jarang beberapa hewan melintas di jalan sesuka hati tanpa peduli di depan atau belakangnya puluhan kendaraan menunggu. Seisi mobil langsung berebut wortel untuk diberikan pada zebra, onta, kuda, juga gajah. keponakanku, Queenza Melody Ardian yang berusia tiga tahun sama sekali tidak takut saat mulut zebra menghampiri tangan mungilnya yang terulur untuk memberikan wortel.  Jalanan yang berkelok dan sesekali penuh dengan genangan air tetap membuat pengunjung sibuk mengambil foto atau memberhentikan kendaraannya sesaat untuk melihat dari dekat. suatu ketika terjadi kemacetan yang cukup lama, kami semua berfikir mungkin ada kendaraan yang mogok hingga petugas yang banyak tersebar sibuk membantu. ternyata tidaak .... ada seekor kuda nil yang baru selesai mandi dan ingin menyeberang menuju kandangnya. kebayang doong tubuhnya yang besaaar banget membuatnya berjalan dengan sangat pelan. Adegan itu membuat seluruh pengunjung tertawa.








 

oh iya, saat kita memasuki kawasan untuk satwa liar dan buas, papan peringatan untuk tidak membuka jendela dan memberi makan terpampang di pintu masuk. Di area ini kita bisa melihat  macan tutul, harimau dan singa dari berbagai daerah di Indonesia. tampak beberapa singa sedang lelap tertidur, mungkin baru selesai makan siang kali ya ... hahaha
 2. 17 Wahana permainan
Usai berkeliling, kita akan mendapati halaman parkir yang luas untuk menampung ratusan kendaraan. Dari tempat ini kita bisa memulai menjelajahi wahana permainan gratis dengan menggunakan gelang sebagai tanda masuk. Hm, rata - rata permainan disini sebagian besar memang untuk anak - anak. Jadi, aku hanya mencoba wahana rumah hantu yang menggunakan efek 3D. jadi kita dibawa berkeliling dengan kereta dan di ganggu dengan berbagai hantu yang bertebaran seperti pocong, kuntilanak, hingga wewe gombel. apakah seram? hehehe ... coba masuk aja ya jika berani!

ada beragam wahana lain seperti Lolly swing, speedway, kincir raksasa, crazy plane, cartoon train, sepeda air, bom bom car, gajah terbang dan sepeda layang. Ketiga ponakanku Maureen Jovita Wahyudi, Queenza Melody Ardian, Revan Vino Wahyudi tampak puas mencoba. oh iya, tiket terusan ini hanya berlaku untuk naik satu kali naik wahana saja, jadi misalnya kita sudah naik bom bom car maka tidak bisa naik untuk yang kedua kali karena gelang kita sudah di tandai oleh petugas. mungkin peraturan ini diberlakukan karena membludaknya pengunjung saat weekend atau hari libur.
Namun ada juga beberapa wahana yang membuat terkecoh seperti cinemax 4D, wahana ini memutar film animasi 4D selama lima belas menit namun pengunjung harus membayar harga tiket masuk sebesar Rp 40.000. Tak jarang banyak yang keluar lagi setelah mengetahuinya ... hihi, tadinya aku juga maunya begitu tapi keponakanku Ricky Marvy Wahyudi memaksa menonton ... jadi ya terpaksa deh harus bayar lagi, mana film yang sedang tayang lumayan seram ... .. :(
3. Atraksi hewan
Sembilan pertunjukan satwa bisa kita dinikmati sesuai dengan jadwal yang tertera dalam peta yang diberikan dipintu masuk. seperti Elephant show, Dolphin Show, Cowboy Show, Various Animal Show, Tiger Show, Sea Lion show, Birds show.  Letak tempat pertunjukan juga bisa dicari di peta dan berbagai petunjuk arah yang tersebar. sayangnya waktu kami sudah habis di arena permainan jadi untuk menikmati pertunjukan satwa sesi sore yang rata - rata dimulai pukul 16.00 tidak cukup. sayang banget ya, mungkin satu tips untuk berkunjung kesini harus lebih pagi berangkat dari rumah agar cukup waktu untuk menikmati keseluruhan acara.
Setelah puas berkeliling apalagi yang dilakukan selain makaaan .... tenang saja, disini tersedia beberapa restoran yang menjual aneka jenis makanan seperti restoran Fan Forest, Cafe Onta, Safari Bento, Restoran Caravan, Rimba Food Court. tapi, karena keluargaku cukup banyak sekitar dua belas orang jadi kami memilih untuk membawa makanan dari rumah. hehe, lebih irit dan higeinis pastinya. menggelar tikar tepat di belakang parkiran kendaraan sudah cukup untuk melepas lelah. 
Mushola dan toilet juga tersebar dengan rapi dan bersih. airnya dingiiiiin banget ... khas puncak deh pokoknya.
keponakanku melody
Bagi yang ingin berfoto dengan hewan buas seperti macan tutul dan harimau bisa masuk ke arena Baby Zoo.  sebelum berfoto kita harus membeli tiket seharga Rp 25.000 per satu kali foto dengan satwa.  sebenarnya aku ingin foto bareng dengan harimau yang macho itu tapi tampaknya dia sedang bete bin galau karena beberapa kali mengaum dan berdiri seolah protes pada petugas. sayangnya karena minat pengunjung yang tinggi, si Petugas melecutkan tali agar ia kembali duduk diam. Meski bersikap sangar tidak menyurutkan ketiga ponakanku untuk berfoto ria.

Tepat di sebelah Baby Zoo, terdapat kandang kangguru dan Tiger Taj Mahal, disana terdapat harimau putih yang sedang asyik bercengkarama dan bermain di pinggir kolam.
berhubung hari semakin sore dan aturan buka tutup jalur puncak sudah diberlakukan mau tidak mau kami harus menyudahi kunjungan menengok satwa yang lucu - lucu ini.




Tidak ada komentar :

Posting Komentar